Jumat, 13 Oktober 2023

Babinsa Kresek Kopka Aryanto Pantau Harga di Pasar Tradisional

    Oktober 13, 2023   No comments


Babinsa Kresek Kopka Aryanto Pantau Harga di Pasar Tradisional

Kodam Jaya, Tigaraksa - Harga sembako (sembilan bahan pokok) adalah faktor kunci dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Dalam upaya untuk menjaga stabilitas harga sembako khususnya di wilayah binaan,  Kopka Aryanto, Babinsa Desa Kresek melaksanakan monitoring langsung terkait perkembangan harga sembako tersebut.

Hari ini, Babinsa Kopka Aryanto Koramil 07/Kresek memantau harga dan ketersediaan sembako di Pasar Kresek, Kp Kresek Rt 001/001 Desa Kresek, Kabupaten Tangerang, Jumat (13/10/2023) untuk memastikan harga-harga kebutuhan pokok tetap terjangkau bagi masyarakat setempat.

Dalam peninjauan tersebut, Kopka Aryanto memeriksa harga berbagai produk sembako seperti beras, gula, minyak goreng, telur, dan bahan makanan pokok lainnya. Dia juga berinteraksi dengan pedagang dan warga setempat untuk mendapatkan informasi terkait perubahan harga dan ketersediaan barang.

Selain pemantauan harga, Babinsa juga berperan dalam memediasi hubungan antara pedagang dan konsumen dalam memfasilitasi komunikasi yang efektif sehingga tidak ada praktik penimbunan atau penyelewengan harga yang merugikan masyarakat.

Sementara itu, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh Syarief SB melalui Danramil 07/Kresek Kapten Inf Khoiril Anwar mengatakan, Babinsa berada di garda terdepan dalam memastikan pasokan kebutuhan pokok selalu mencukupi dan harga-harganya stabil. 

"Untuk itu, babinsa harus sering melakukan patroli di pasar-pasar tradisional, untuk pemantauan harga sembako yang merupakan kebutuhan sehari - hari masyarakat. Upaya ini dalam menjaga harga sembako yang merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat," jelasnya. 

Karena itu, kata Danramil, peran Babinsa dalam memantau harga sembako di pasar adalah kontribusi berharga dalam memastikan masyarakat memiliki akses terhadap bahan-bahan pokok yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

"Artinya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya TNI dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di wilayah teritorial Koramil 07/Kresek Kodim 0510/Tigaraksa. Semoga dengan pantauan terus-menerus seperti ini, masyarakat dapat merasa lebih aman dalam mengakses kebutuhan pokok mereka." pungkas Danramil.

Dari hasil pemantauan di Pasar Kresek, harga minyak sayur curah normal dan ketersediaan stok ada. Sementara itu, harga beras masih tinggi, belum ada tanda untuk turun.
Demikian juga harga cabe rawit merah mengalami kenaikan, sedangkan harga bawang turun dibawah normal.
         
Secara keseluruhan, untuk kebutuhan harga yang lain, stabil masih sama seperti biasa, tidak ada lonjakan harga, kelangkaan dan pasokan barang dalam posisi aman.

Sumber Kodim 0510/Tigaraksa

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Proudly Powered by Blogger.